Inilah Manfaat dan Resiko Pemakaian Obat Tidur yang Wajib Anda Ketahui

Insomnia adalah suatu gangguan tidur yang membuat seorang manusia kesulitan untuk tidur dan juga mudah terbangun di tengah malam. Meskipun terdengar remeh, namun nyatanya gangguan ini bisa membawa banyak dampak negatif pada seseorang. Mulai dari timbulnya penyakit – penyakit berbahaya, hingga terganggunya aktivitas di siang hari akibat mengantuk.



Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia, seperti mengubah pola makan, mengurangi tidur siang, hingga mengkonsumsi obat tidur. Nah, untuk solusi yang terakhir, perlu anda ketahui bahwa mengkonsumsi obat tidur tidak hanya memiliki manfaat tapi juga mengandung resiko. Apa saja manfaat dan resiko mengkonsumsi obat tidur? Selengkapnya simak penjelasan berikut ini.


  • Manfaat dan resiko pemakaian obat tidur
  • Manfaat pemakaian obat tidur
Sebelum membahas tentang manfaat, perlu anda ketahui bahwa insomnia akan sangat berbahaya jika dibiarkan berlarut – larut tanpa upaya pencegahan. Banyak penyakit mengerikan yang bisa menyerang tubuh yang diakibatkan menurunnya sistem imun tubuh. Penyakit – penyakit tersebut diantaranya serangan jantung, diabetes, darah tinggi, dan sebagainya.

( Baca Juga : Tips Kuat Berhubungan Seks )

Selain penyakit – penyakit di atas, penderita insomnia akut juga rentan mengalami stress dan obesitas atau kelebihan berat badan. Nah, untuk menghindari hal itu, banyak orang memilih mengkonsumsi obat tidur agar cepat terlelap dan mendapatkan tidur yang berkualitas. Dan umumnya, salah satu obat tidur yang banyak direkomendasikan oleh dokter adalah Benzodiazepin. Obat ini terbukti cukup baik untuk menginduksi siklus tidur bangun seseorang serta menurunkan kadar kecemasan.

Nah, secara keseluruhan, manfaat obat tidur antara lain :
  • Merelaksasikan otot
    Salah satu manfaat obat tidur yang sangat berperan dalam memberikan tidur yang berkualitas adalah merelaksasikan otot. Tak bisa dipungkiri, insomnia atau susah tidur banyak disebabkan oleh terlalu tegangnya otot – otot manusia akibat aktivitas seharian. Nah, disinilah obat tidur bekerja untuk merelaksasikan mereka agar seseorang lebih cepat tidur dan bangun dengan lebih segar.
  • Menurunkan kecemasan
    Selain otot yang terlalu tegang, kondisi mental juga sedikit banyak mempengaruhi kondisi manusia terutama menjelang tidur. Nah, dalam obat tidur rata – rata sudah memiliki kandungan penenang yang berperan untuk menurunkan tingkat kecemasan seseorang sehingga penderita insomnia akan lebih cepat rileks dan kemudian tidur tanpa harus sering terbangun di tengah malam.
  • Menghilangkan ingatan sesaat akan peristiwa tertentu ketika mengkonsumsi obat
    Dalam beberapa obat khususnya Benzodiazepin, telah terdapat kandungan zat yang berfungsi menghilangkan sementara ingatan seseorang. Hal ini dilakukan memang semata – mata agar si penderita insomnia lebih cepat tidur. Jadi anda tidak perlu khawatir karena setelah bangun, kondisi akan kembali seperti semula.

Resiko pemakaian obat tidur
Selain memiliki manfaat, tentunya obat tidur juga memiliki efek samping, diantaranya :
Pusing
Efek samping paling umum yang banyak dirasakan adalah pusing. Ya, kebanyakan orang yang mengkonsumsi obat tidur akan merasa sedikit pusing saat bangun. Namun untungnya pusing ini akan segera hilang dan tidak akan berlarut-larut.
Ketergantungan
Efek samping lain dari obat tidur adalah ketergantungan. Efek ini akan membuat anda selalu bergantung pada obat tidur dan tidak akan mampu tidur tanpa obat tersebut. Hal ini tentu cukup berbahaya karena membuat anda terpaksa mengkonsumsi obat tidur setiap hari.
Gejala sakau
Gejala sakau adalah gejala yang muncul jika anda menghentikan konsumsi obat tidur secara tiba-tiba. Gejala ini biasanya ditandai dengan rasa gemetar, muntah, dan berkeringat.
Toleransi obat
Berhubungan dengan resiko nomor 2, jika anda tergantung pada obat tidur, maka anda terpaksa harus mengkonsumsi obat tersebut secara terus menerus. Akibatnya, tubuh akan membangun toleransi obat yang konsekuensinya adalah anda terpaksa harus menambah kapasitas atau frekuensi konsumsi untuk merasakan manfaat dari obat tidur. Hal ini tentu sangat berbahaya karena efek samping yang ditanggung oleh tubuh menjadi semakin besar. Nah Semoga Informasi Ini Berguna Buat Anda Pembaca Setia...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar